JENIS-JENIS KERTAS UNDANGAN PERNIKAHAN - Galeri Desain


Jika anda hendak mencetak undangan pernikahan yang custom, mungkin anda perlu mengenal terlebih dahulu jenis-jenis kertas yang biasa digunakan untuk mencetak undangan pernikahan.

Pada dasarnya setiap kertas bisa anda gunakan untuk mencetak undangan pernikahan, bahkan kalau anda mau pun anda bisa mencetaknya di tas, kipas, gelas, atau media-media lainnya. Namun ada beberapa jenis kertas yang telah biasa digunakan masyarakat umum, karena pertimbangan kecocokan harga, tekstur, dan karakteristik lainnya. Jenis kertas undangan apa saja itu, berikut daftarnya :

1. JASMINE

Jenis Kertas Undangan Jasmine Jenis Kertas Untuk Cetak Undangan Pernikahan jasmine ini banyak digunakan untuk membuat undangan, kesannya seperti terdapat gliter2 berwarna. Warna kertas jasmine pun cukup banyak pilihan, diantaranya ada warna krem, abu-abu, putih, biru muda, pink, dan lain-lain.
Untuk harga, harga kertas ini relatif lebih mahal dibanding dengan jenis kertas undangan yang lainnya, yakni kisaran Rp.5000 rupiah per plano nya). Oia, gliter-gliter berwarna pada kertas jasmine memberikan kesan mewah, elegan dan esklusif. Makanya tidak jarang kertas ini digunakan untuk cetak undangan yang mahal-mahal. ^_^

2. BW/BC/LINEN/CONCORD

Jenis Kertas Undangan Concord Jenis Kertas Untuk Cetak Undangan Pernikahan bertexture, biasanya digunakan untuk kop surat/sertifikat. Sama seperti jenis kertas jasmine, jenis kertas ini juga terdapat beberapa pilihan warna. Biasanya gramasi antara 220-250 gr. Untuk masalah harga, harga jenis kertas ini memang relatif lebih murah dari pada jenis kertas lainnya. Biasanya kertas ini digunakan untuk menekan harga cetak undangan di softcover(dengan gramatur yang agak tebal), atau pun di hardcover (dengan gramatur yang tipis).

3. SAMSON KRAFT

Jenis Kertas Undangan Samson Kraft Jenis Kertas Undangan Pernikahan coklat muda, bahannya daur ulang, permukaan agak kasar. Umumnya digunakan untuk kertas bungkus, namun karena kesannya klasik bahan ini juga banyak digunakan untuk pembuatan paperbag, hangtag, karena warna dasarnya coklat, umumnya dicetak 1-2 warna saja. Gramasi yang umum digunakan 150gr, 220gr (carton). Nah pada undangan pernikahan, jenis kertas ini biasa digunakan untuk cetak undangan pernikahan gulung.

4. ART PAPER/MATT PAPER

Jenis Kertas Undangan Artpaper Jenis Kertas Undangan Pernikahan yang ini sebenarnya biasa digunakan untuk cetak brosur. Kertas ini mempunyai 2 jenis yaitu permukaan yang licin dan semi doff (matt). Hasil yang dihasilkan lebih bagus dibandingkan jika dicetak diatas kertas HVS. Hal ini disebabkan karena rasternya halus dan tidak menyerap cat. Hingga diperoleh warna yang lebih solid.Gramasi yang umum dipakai adalah 100gr, 120gr, 150gr. Terlebih jika dilaminatingglossy/doff maka akan terlihat lebih luar biasa warnanya.

5. ART CARTON

Jenis Kertas Undangan ArtCarton Jenis Kertas Undangan Pernikahan ini sama seperti art paper, namun memiliki gramasi yang lebih tebal. Bahan ini biasa digunakan untuk cetakan seperti kartu nama, katalog, company profile, brosur dan cetakan lainnya yang membutuhkan kertas agak tebal. Setelah dicetak pada bahan ini biasanya dilapisi dengan laminating/vernis untuk memberikan hasil yang lebih bagus. Gramasi yang umum dipakai 190gr, 210gr, 260gr, 310gr, 360gr. Jenis kertas undangan ini bisa dijadikan alternatif bagi yang ingin cetak hardcover.

6. IVORY

Jenis Kertas Untuk Cetak Undangan Pernikahan ivory ini hampir sama seperti art carton. 2 sisinya putih, namun tidak seputih art carton. Yang membedakan Art Carton 2 sisinya licin. Ivory cuma 1 sisi yang licin. Bahan ini juga banyak digunakan untuk box cosmetic, karena cukup tebal/kokoh. Gramasi yang umum digunakan 210gr, 230gr, 250gr, 300gr, 350gr.


Nah, itulah beberapa jenis kertas undangan pernikahan yang biasa digunakan.

0 Response to "JENIS-JENIS KERTAS UNDANGAN PERNIKAHAN - Galeri Desain"

Posting Komentar